Basilius Agung


St. Basilius Agung


Janasuci Basilius Agung (Saint Basil the Great)
Uskup Agung Kaisarea Kapadokia

Bapak Basilius Agung lahir sekitar tahun 329 - 330 di Kaisarea Kapadokia, meninggal sekitar 1 januari 379 juga di kota yang sama tempat kelahirannya. Beliau lahir dari keluarga yang terpandang yang sebagian juga adalah Janasuci terutama dalam Gereja Orthodox. Ayahnya bernama Basil atau Basilius dan ibunya bernama Emmelia atau Emily. Memiliki satu adik perempuan bernama Macrina, dan tiga saudara laki-laki Naucratius, Peter, dan Gregorius (Gregory). Mereka adalah satu keluarga Janasuci Gereja Orthodox. Ibunya Emily dan adik perempuannya Macrina menjalani kehidupan asketik di pertapaan di dekat Annesi.

Beliau diangkat menjadi Presbyter Kapadokia tahun 365. Beliau bersama dengan

Pada saat itu bidat

Suatu saat anak sang Kaisar jatuh sakit dan hampir mati. Tidak ada tabib manapun yang sanggup menyembuhkannya. Entah bagaimana akhirnya sang Kaisar meminta Uskup Basilius yang menjalani hidup asketis untuk mendoakan anaknya bagi kesembuhan anaknya tersebut. Sang Uskup setuju dengan syarat jika sembuh anaknya harus dibabtis secara Orthodox. Kaisar menyanggupinya, dan sang Uskup pun mendoakan anak tersebut. Keajaiban terjadi, anak Kaisar Valens sembuh dari penyakitnya dan tidak jadi meninggal. Akan tetapi sang Kaisar mengingkari janjinya, suatu saat anaknya dibabtis oleh pengikut

Dengan bujukan dari para pengikut

Pada tahun 378 Kaisar Valens tewas dalam perang di Hadrianopolis melawan Bangsa Gothik. Pasukan Romawi Timur yang dipimpin Kaisar Valens kalah telak dengan dua per tiga lebih dari total jumlah pasukan tewas. Uskup Basilius sendiri meninggal pada tahun 379 di usia 49 tahun. Sebelum meninggal, Keuskupan beliau sempat mendirikan rumah sakit, serta rumah penampungan bagi orang-orang terlantar.


Diperingati setiap tanggal 1 Januari Kalender Julian




Previous
This is the oldest page